Get Gifs at CodemySpace.com
Get Gifs at CodemySpace.com

Pages

Selasa, 27 September 2011

Mie  merupakan salah satu produk makanan yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat karena harganya relatif murah dan mudah diperoleh. Mie yang biasa dikonsumsi adalah mie instant dalam kemasan yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan karena banyak mengandung bahan pengawet buatan dan zat-zat kimia lain. Mie yang biasa dijumpai terbuat dari bahan tepung terigu. Saat ini Mie dengan bahan baku Ubi jalar mulai dikembangkan dan diminati masyarakat. Selain kandungan gizi ubi jalar yang cukup tinggi juga tekstur mie ubi jalar lebih lembut. Karena itu peluang bisnis olahan ubi jalar patut dipertimbangkan.
Salah satu inovasi produk makanan olahan mie ini dilakukan oleh mahasiswa jurusan pendidikan IPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Dwi Ekayatun, Ana Tri Yuniarti, Siti Munawaroh dan Yeni Widiawati. Mereka mencoba membuat mie dari bahan yang berbeda, yaitu ubi jalar merah. Alasan pembuatan Mie Ubi Jalar merah ini selain kandungan gizinya yang tinggi juga karena bahannya melimpah di alam sekitar.
Produk makanan olahan Mie Ubi Jalar merah ini dicampur dengan teri untuk menambah nilai gizi mie. Terlebih lagi garga teri yang relatif murah membuat olahan mie ubi jalar merah bernilai ekonomis tinggi. Olahan menjadi mie kering dari bahan-bahan tersebut mengandung kalsium, protein dan karbohidrat yang tinggi serta mengandung antioksidan.
Mie kering dari ubi jalar merah dan teri ini berhasil mendapatkan juara 3 lomba inovasi teknologi mahasiswa tingkat Provinsi DIY yang diselenggarakan di UTY.

0 komentar:

Posting Komentar